Wisata Banjarnegara, Air Terjun Giritirta Pejawaran

Post a Comment
Wisata Banjarnegara, Air Terjun Giritirta Pejawaran

Desa Giritirta, Kecapatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara telah diresmikan menjadi Desa Wisata pada Bulan Oktober 2015 Lalu. Desa Wisata Giritirta disingkat "Dewi Gita" merupakan sebuah upaya dari Pemkab Banjarnegara dalam pengembangan kepariwisataan dan mendorong kemandirian desa wisata di Banjarnegara sebagai salah satu destinasi wisata yang bisa mendatangkan wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Desa Giritirta dari Kota Banjarnegara berjarak kurang lebih 35 km ke utara arah Dieng melalui kcematan Banjarmangu sampai Pasar Karangkobar ambilah jalan ke arah Pejawaran. Jalan sampai ke Karangkobar masih terhitung bagus tapi setelah itu harus siap dengan kondisi jalan yang mulai berlubang dan naik turun. tapi jangan khawatir, perjalanan yang kurang nyaman karena kondisi jalan akan terlupakan oleh pemandangan alam yang dilewati di kiri dan kanan jalan. Perhatikan Gapura di kiri jalan kurang lebih 7,5km setelah pasar karangkobar, Gapura ini adalah gerbang yang menuju ke destinasi Desa Wisata Giritirta.

Baca juga: Blue Sunrise Telaga Dringo Dieng

Obyek wisata alam yang bisa Anda datangi di Desa Ggiritirta Setidaknya ada2 (dua) air terjun (Curug) dan 2 (dua) sumber air panas, Yaitu; Curug Genting, Curug Mrawu dan dua sumber air panas yang jaraknya tidak berjauhan satu dengan lainnya.

Curug Genting

Curug Genting memiliki ketinggian sekitar 70meter, kesejukan dan keindahan air yang jatuh terjun menghantam bebatuan di dasar menghasilkan embun-embun air beterbangan dan suara gemerujug air yang semakin membuat hati terasa nyaman untuk berlama-lama menikmati indahnya alam ini.

Berjarak kurang lebih 100m menyusuri aliran Curug Genting terdapat dua sumber mata air panas Giri Tirta dengan debit air yang stabil meskipun kemarau panjang melanda.

Curug Mrawu

Mengakhiri perjalanan, sekitar 1 kilometer menyusuri aliran air telah menungu Curug Mrawu yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Aliran air curug inilah yang akan menyatu dan menjadi sumber utama aliran air sungai Mrawu.

Jadilah Traveler/ Wisatawan yang baik, jangan merusak alam sekitar dan jangan pernah meninggalkan apapun kecuali jejak berpijak!

kredit foto/IG @iqbal_qautsar

Related Posts

Post a Comment